Skip navigation

Hari ini hari sabtu, ingin sekali saya santai2 bangun siang. Tapi saya berencana menghabiskan setengah hari ini di bengkel. Jadi mau tidak mau harus dipaksakan untuk segera bergegas, walau rasanya mata masih berat…

Bukan seperti biasanya ketika mobil ada masalah saya tinggal telpon teknisi langganan untuk ngambil dan tahu beres. Praktis memang, tapi kita jadi tidak mendapat ilmu. Dan resiko diakalin !  Bahkan resiko ini tetap ada sekalipun kita dtg lgsg. Kalau kita datang ke bengkel tp sepanjang waktu kita malah asik di ruang tunggu berAC membaca majalah, menonton televisi atau autis sendiri dengan blackberry(Saya banget hehe..) Tp lama2 saya sadar juga kita jadi tidak tahu sparepart2 yang katanya diganti benar2 diganti atau tidak, mobil kita diapakan saja, kerusakan mana yg urgen mana yg tidak. So, kalo kita ke bengkel sebaiknya..

  • pertama, better telpon dulu. Mengutarakan apa masalah di mobil kita dan brp estimasi biayanya. Biasanya bengkel berkelit perlu dilihat dulu mobilnya, tp kita bisa menanjakan estimasi kisaran biayanya saja kok.. Lihat kondisi keuangan kita, lebihkan sedikit, jaga2 jika mungkin ada pembengkakan..
  • kedua,  bisa search di google atau bertanya ke teman2 terdekat kalau masalah spt itu kira2 sampai brp biayanya..
  • ketiga, walau bengkel langganan tetaplah croscek ke bengkel lain sparepart x merek a brp, merk b brp, ongkos brp dll.. Saya sendiri pernah percaya begitu saja, ternyata dibohongi.
  • keempat, selama di bengkel kawal terus kendaraan kita.. Dgn spt ini kita bs dapat keuntungan ganda. Si mekanik jd aware kalau kita aware, sehingga dia tidak main2 dan kita sendiri jg lbh tau ttg seluk beluk daleman kendaraan kita.. Jarang2 kan kita telanjangi mobil kita sendiri.. Hehe dan sapa tau ilmu yg kita dapat bisa berguna kelak. Kalau mogok di jalan atau gmn.. Tapi jangan ding hehe
  • kelima, jgn sungkan tanya itu apa ini apa.. Kenapa begitu kenapa begini.. Kalau bengkel itu baik pasti dijawab dgn senang hati bahkan diberi bonus tips2..
  • keenam, fokus dan bikin prioritas. Fokus masalahnya apa, dan solusinya bagaimana. Mgkn si mekanik akan bilang, wah ini kudu diganti juga lo biar ga gini gini gini.. Wah itu kudu ditambah lo biar makin mantapp.. Jgn terlalu terpengaruh, tetep fokus kita ke bengkel untuk memperbaiki yg rusak. Bukan ke salon.. Hehe.. Jgn sampai gelap mata, lbh baik disesuaikan dengan kantong dgn fokus dan ada prioritas..
  • ketujuh, tetap tawar dan minta potongan.. Apalagi jika yg diganti agak banyak.. Pokoknya pakai sgala cara buat nawar. Nawarnya sblm dipasang.. Blg dana kita terbatas juga merupakan salah satu cara ampuh..
  • kedelapan, stl mobil selesai, harus dicoba terlebih dulu. Yakinkan bahwa masalah telah teratasi.. Jgn takut komplain kalau rasanya sama saja. Atau bisa jadi malah ada masalah baru.. Jangan takut dibilang bawel, kita bayar mahal kok.. Lagian pembeli kan raja ..

 

Eh udah dulu.. Si bubu udah selese.. Mau testdrive dulu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: