Skip navigation

Nama Kaskus saat ini tentu sudah sedemikian populer di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan panggilan Gan (sapaan untuk sesama Kaskuser atau pengguna Kaskus)sudah sangat akrab kita dengar di berbagai kalangan.  Atau juga sudah jamak kita menerima email dari teman-teman yang menawarkan barang dengan kalimat pertama : Numpang Lapak ya Gan.

Kaskus adalah sebuah situs komunitas di dunia maya yang isinya beragam forum dengan berbagai topik dimana  yang paling populer adalah forum jual belinya. Menurut wikimedia, Kaskus berasal dari singkatan Kasak Kusuk  dan didirikan 6 Nov 1999 oleh 3 mahasiswa indonesia yang menimba ilmu di Seattle AS. Sampai saat tulisan ini  dibuat Kaskus menduduki situs paling banyak dikunjungi peringkat 313 dunia dan peringkat 6 di Indonesia. Hebatnya lagi, Kaskus saat ini sudah memiliki lebih dari 1.000.000 member. Termasuk saya🙂.

Sebenarnya sudah lama sekali saya membuat account, kalau tidak salah 3 tahun yang lalu. Waktu itu kalau tidak  salah hanya karena akan memasang iklan sehingga mau tidak mau harus mendaftar. Melihat perkembangan situs yang cukup menarik (waktu itu bahkan Facebook belum booming), sayapun jadi cukup rajin mengunjungi  Kaskus.  Tapi itu dulu.. Sejak kantor punya kebijakan menutup akses internet di jam kerja, otomatis saya jarang sekali mengunjungi situs yang kini dikelola PT Darta Media Indonesia ini.

Namun suatu hari tanpa sengaja saya mendapati seorang teman kantor, yg duduknya tidak jauh dari kursi saya, bisa membuka kaskus di saat no internet access. Lo kok bisa? Sayapun jadi penasaran untuk mencari tahu. Dan setelah berhasil ‘berguru’ (dengan sedikit memaksa dan merepotkannya tentunya:) ), akhirnya sayapun bisa  mendapatkan caranya. Makasih ya Brother🙂. O… begini ya.  Asalkan kita masih bisa membuka email (biasanya  di perusahaan2, saat jam kerja akses internet ditutup tetapi masih bisa membuka email), ternyata kita masih  bisa berkaskusan. Saat akses dibuka pada jam istirahat, kita bisa mencoba cara ini :

  1. Buka akun gmail
  2. Temukan dan klik Reader di tab bagian atas
  3. Klik “add a subscription”
  4. Buka akun kaskus dan temukan forum yang akan dilihat. Copy alamat RSSnya. RSS (Rich Site Summary) adalah file berformat XML sindikasi yang telah digunakan (wikimedia). Misal di forum lounge, RSSnya adalah http://www.kaskus.us/external.php?type=RSS2&forumids=21
  5. Masukkan alamat tersebut ke kolom subscription di gmail tadi
  6. Kaskus segera mengupdate thread thread yang masuk ke forum tsb. Saat akses internet masih bisa dibuka, kita tinggal klik tanda panah ke bawah (untuk membantu update sekaligus memberi waktu gambar2 untuk terload)
  7. So, saat akses internet sudah ditutup, kita tinggal membaca thread thread tersebut. 

Semoga berguna, at least untuk saya sendiri. Sapa tahu saya sendiri suatu saat lupa caranya :)..  Kasi cendol ya Gan. Plis jangan dikasi bata, nanti benjol kepala saya.

*kalimat khas Kaskus. Artinya bisa dilihat di postingan berikutnya : Kamus Besar Bahasa Kaskus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: