7 TIPS BELAJAR RENANG DEWASA


Menurut sebuah penelitian, berenang merupakan salah satu olahraga terbaik karena renang melibatkan seluruh anggota tubuh atau dengan kata lain seluruh tubuh aktif bergerak. Namun kendalanya, olahraga ini perlu kemampuan khusus sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Tapi menurut saya, asalkan ada niat, renang bisa dipelajari. Seperti saya yang baru belajar berenang saat usia saya 23 tahun. Eits, bisa dipastikan saya tidak salah ketik. Dua puluh tiga tahun ! Tidak sampai mahir sekali memang, hanya 1 gaya dada, tapi at least bisa. Gaya gaya yang lain sepertinya masih bisa dipelajari sambil jalan. Berikut tipsnya

  1. NIAT UNTUK BELAJAR Ini adalah langkah awal yang paling penting. Tanamkan didalam diri bahwa renang adalah olahraga yang terbaik
  2. JANGAN MALU Sebenarnya rasa malu itu manusiawi sekali, apalagi jika melihat anak-anak kecil yang sudah piawai berenang. Di tempat-tempat dalam lagi. Tapi sebenarnya rasa malu masih bisa diakalin. Sewa saja guru privat atau teman yang sdh bisa (atau sendiri juga bisa asal tidak di tempat dalam). Lalu pilih kolam renang yang tidak terlalu populer (tapi tentu saja yang tetap dekat dengan lokasi kita) serta berlatih di saat kolam renang sedang sepi. Seperti pagi hari sebelum bekerja. Tidak ada yang diโ€maluinโ€ kan..
  3. HARUS MEMAKAI KACAMATA RENANG Untuk seseorang yang belajar berenang, I think, a swim google is a must ! Mengapa? Karena menurut saya, dengan memakai kacamata berenang, kita bisa melihat di dalam air. Dan ini membuat kita tidak takut dan bisa menguasai medan. Bayangkan kalau kita tidak memakai kacamata. Selain mata perih, saat di dalam air mata kita jadi refleks merem dan mikir yang tidak tidak, tenggelam dll. Ini jadi seperti mengendarai mobil dengan mata tertutup. Memang menakutkan ya..
  4. BELAJAR BERNAFAS Sebenarnya inti dari berenang adalah bernafas (ini menurut saya dari sudut pandang org yg baru belajar saja, tidak tahu lagi menurut para pakar ๐Ÿ™‚ ). Kita bisa masuk ke kolam setinggi dada untuk mulai berlatih bernafas. Untuk tarik napas, kita bisa mengatupkan mulut dengan mengucapkan kata โ€œAPโ€. Tidak perlu menarik napas dalam2, hanya sekedarnya saja lalu langsung menutup mulut seperti menutup jalan udara. Setelah itu tahan, lalu keluarkan melalui mulut juga secara perlahan dengan mengucap kata โ€œBAHHโ€. Jadi proses tsb menggunakan pernafasan lewat mulut, bukan lewat hidung seperti biasanya. Tapi tetap mudah kan ya, jadi hanya seperti bilang AP โ€“ tahan โ€“ BAHH. Jika proses itu sudah terbiasa, bisa dicoba saat tahan napas, kepala dimasukkan ke dalam air. Mata jangan merem, kan sudah pake kacamata. Sambil menahan napas, kita bisa menikmati kejernihan air didalamnya bukan..:). Ini bisa dimodifikasi misal dengan bantuan papan. Kedua tangan memegang papan, kaki kecipak kecipuk (agar jalan), dan kepala masuk keluar air untuk berlatih bernafas. Semakin lama, napasnya bisa semakin lama sekitar 10 detik. Saya rasa, jika kita sudah menguasai pernafasan di dalam air, kita sudah menguasai 50% teknik berenang.
  5. JANGAN TAKUT DAN RILEKS Kendala terbesar orang belajar berenang adalah takut dan kaku. Soal takut, bisa diatasi dengan berlatih di kolam dangkal dulu dan memakai kacamata. Air ketelan sudah biasa, namanya juga belajar pertama. Untuk kaku bisa diatasi pelan pelan dengan banyak latihan. Ohya, untuk menguji rasa berani, seperti yang diajarkan dan โ€œdipaksakanโ€ ke saya waktu itu adalah dengan cara ini. Berdiri di tempat yang agak dalam, tahan napas sampai kaki menyentuh lantai. Ternyata di dalam air tidak semenakutkan seperti yang kita bayangkan yaโ€ฆ Selain untuk mematikan rasa takut, teknik ini juga bisa digunakan untuk melatih tahan napas supaya lebih lama.
  6. BELAJAR MELUNCUR DAN MENGAMBANG Setelah pernafasan mulai dikuasai, kita bisa berlatih meluncur. Kaki bisa dihentakkan dari dinding kolam, kedua tangan dikatupkan (seperti orang mau bersalaman) lalu tahan napas saat kepala masuk di dalam air. Kalau memungkinkan, bisa โ€œditangkapโ€ oleh pelatih atau teman. Tetapi sekalipun sendiri bisa langsung berdiri. Saat menahan napas, rileks dan lemaskan tubuh. Santai saja dan rasakan bahwa tubuh kita ternyata bisa keatas sendiri (aka mengambang). Keren ya, jadi kenapa harus takut tenggelam. Asal kita rileks dan pernafasan OK, kita tidak akan tenggelam.
  7. BELAJAR GERAKAN Setelah pernafasan dan meluncur sudah mulai dikuasai, kita bisa berlatih gerakan. Setelah meluncur, tahan napas, rileks. Setelah tubuh terasa โ€œnaikโ€ ke atas, gerakkan tangan dan kaki. Pisahkan kedua tangan yang menyatu lalu arahkan ke belakang/bawah. Gerakan tangan seperti membentuk huruf โ€œWโ€ tetapi ujungnya menyatu. Atau omega. Begitupan dengan kaki. Hanya kebalikan . Saat tangan ditarik ke belakang bawah, otomatis kepala juga akan keatas keluar air. Gunakan untuk membuang nafas sekaligus langsung mengatupkan mulut. Dan tubuh kembali ke posisi standart (lurus) berbarengan kepala masuk ke air.

Cukup mudah bukanโ€ฆ semoga tips ini berguna.. Tidak ada kata terlambat untuk belajar..

*dedicated to my swim couchman, Mas Ibrahim

Iklan

82 thoughts on “7 TIPS BELAJAR RENANG DEWASA

Add yours

  1. saia lagi nyoba nih,,
    n seperti yang diblng ,,
    wktu dikolam rasanya koq malu betul..
    kalah ma anak2 keci,, wkekeee xD

    akhirnya saia yg kalah (keluar kolam secepatnya)

  2. @dW : jangan malu, kalo malu ke kolam pas sepi malam hari sajah hehe.
    @novita : sabar, latihan terus, tinggal nglatih gerakan itu.. nafas udah lancar kan? s
    ayo semangat pasti bentar lagi bisa
    @sisayah : gpp, tidak ada kata terlambat untuk belajar bukan ๐Ÿ™‚

  3. belajar renang yg penting niat bro…
    aku belajar cm ama temen, dua kali latihan udh bisa gaya bebas & swimm underwater…padahal aku dah mau 30th
    trus search aja video renang di youtube tag. go swimm.. disitu banyak contoh renang…
    pokoknya renang itu mengasyikan..apalagi ama temen2 kita…

    1. betulll.. wah 2 kali lgsg bisa? mantap tu
      aku malah belom buka youtube..
      lagi pengen belajar gaya bebas ni, tar ta buka youtube aja deh
      nice inpo gan makasihh

    1. latihan diluar dulu aja. ga usah mikir narik nafasnya. tutup mulut, seolah nyimpan udara di dalam mulut. kalo udah ga kuat, baru hembuskan lewat mulut. gitu aja. so simple kan?

    2. latihan diluar dulu aja. ga usah mikir narik nafasnya. tutup mulut, seolah nyimpan udara di dalam mulut. kalo udah ga kuat, baru hembuskan lewat mulut. gitu aja. so simple kan? hehe

  4. saya sampai saat ini belum bisa berenang, mungkin karena jarang berlatih
    yg ingin saya tanyakan apakah ada kursus renang untuk dewasa ya?
    saya tinggal di kompleks perumahan taman galaxy bekasi
    terimakasih
    harap hubungi ke 081282144691

    1. Slah stu obat asma itu.brendam di air laut gan, dan asma jg bs ngilanh seiring brtambahnya usia….dlu sy sring.banget,.tp udah 4 thun gk prnh muncul

  5. @ilikehelps : siappp… Selamat belajarrr
    @liz : lah kok bisa baca blog sambil berenang? Hebat hehe
    @wawan : wah maaf mas posisi saya tdk di bekasi. Saya kira skr banyak bgt guru privat renang mas.. Sendiri jg bs, kalo ada kendala bs dishare. Selamat belajar
    @tiyo : saya dulu kalo ga salah 8 kali pertemuan. Saya dulu krg semangat si hehe

  6. Wah… Bagus nih informasi nya .
    Kadang aku kalo renang sama mama dan kakak. Aku suka malu karena aku udah 17 th hampir 18 th tapi gak bisa renang, padahal mamaku udah ngajarin renang dari aku kelas 4 SD. Terus kakakku ngajarinku renang dari aku kelas 2 atau 3 SMP .
    Rasanya malu kalau renang ditempat yang rame, apalagi yang ada anak kecilnya. Kadang gak pede .
    Dengan informasi ini, aku akan coba untuk latihan renang lebih serius lagi agar aku bisa renang seperti kedua orang tuaku dan kakakku .
    Terima kasih atas informasinya (^_^)

  7. saya ud mulai bs berenang, tinggal mecoba gaya yg ud diajarkan pake papan luncur. cara bs ngambang di air yg dalam, bagaimana ya?

    1. Yg di dangkal uda bisa? Kalo di dangkal uda bisa, di dalam jauh lbh gampang. Krn kalo di air dalam, daya angkat ke atasnya lebih gede jd lbh gampang ngambang. Kayak hukum di fisika itu, lupa namanya, archimedes kalo ga salah hehe.. Thats why org2 yg gape berenang lbh suka di yg dalam krn lbh gampang ngambang dan ringan. Semangatt

  8. kemarin lusa saya baru nyebur ke kolam renang, meski blm bisa ngambang tp udah bisa renang sambil menyelam (cuma 3-4 meter doang :D) .. menurut sy, yg pertama dan paling utama utk para pemula seperti sy adalah MENGATASI RASA TAKUT dulu, caranya bs macem2: prosotan pake papan luncur, latihan menyelam sambil menahan nafas, atau sekedar berjalan ke arah tengah kolam (intinya mengakrabkan tubuh & pikiran dengan kolam) .. tentu saja pilih kolam renang yg tdk terlalu dalam dan harus ada temannya buat ngawasin, jaga2 klo ada apa2 hehe ๐Ÿ˜€

    salam kenal, sekalian numpang promo ๐Ÿ˜€
    http://thesmilingchickpea.wordpress.com/2012/02/10/sambil-menyelam-minum-air-kolam/

  9. Thx berat mas advicenya.. Setelah sekian lama baru hari ini belajar renang.. Bnr2 yg dr Nol dah.. Tnyt ap yg terlihat mata Ga semudah praktekknya.. Renang tu susaaaah sgt awalnya.. Nie smpe jd flu.. T_T Krn kemasukkan air.. Belajar nafas.. Blm lg mgkn dah 1/4 galon nelan air :p Td bru belajar meluncur yg kaki naik turun gtu.. Alhasil skrg keram nie T_T pny trik Ga yha spy ga keram gini.. Ap emg bginikah awalnya.. ? Malu mah dah Ga mikir yg ptg bs renang.. ๐Ÿ™‚

  10. Kalian sih enak bljr di kolam, kalau q d rawa/sungai lbh tkut lg.
    Q udh bs nyelem, tpi pd saat brenang sambil nyelem, kepala q ga bs muncul k prmukaan?

  11. ambil nafas dgn menggunakan mulut saat kepala di permukaan air, sedangkan membuang nafas pada saat kepala berada di dalam air dn membuang nafas sebaiknya melalui hidung.
    Dgn begitu wkt yg bs d gunakan utk mengambil nafas bs lbh lama.
    Itu berlaku utk smua gaya.

  12. lah tiap kali melayang di air dan mau berdiri,kok rasanya saya kejungkal masuk air lagi,jadi air masuk ke hidung,sy gelagepan dan panik,gimana tuh ya?padahal lumayan loh,dah bs tahan napas sampe 10 detikan

  13. Meluncur = OK
    Mengambang = OK
    Gerakan. = WARNING

    Satu lg dari aku… Ngambang itu gak usah meluncur klo aku tenggangkan seluruh badan dari kepala sampe kaki trus meluncur cpet …. Pasti langsung bisa

  14. sy malah umur 33 thn,baru blajar berenang…alhmdulilah 4 bln(1minggu 1x)dh bs 3 gaya(bebas,katak,kupu2)..ayo,yg masih muda..pasti bs..semangat&kemauan..

  15. nih aku yg kurang apa ya kira kira ?. nafas sih agak agak lancar, meluncur udh bisa tapi cuma stengah kolam :). Cuma ngambang belom terlalu soalnya takut tenggelem ๐Ÿ™‚ tolong bantu ya

  16. Thx infonya
    Sya jdi minat renang gr2 nonton sinetron Putri Duyung, kyknya enak gitu melayang2 di air. sya pernah coba bisa ngambang bisa meluncur tpi kok gk bergerak sama skali.gmana tu?

  17. Saya ibu umur 48 th, belajar renang untuk terapi HNP, sdh 10 x pertemuan, timbul masalah baru, flu atau sinus kumat, pertama ambil nafas kepala beratttt trus setelah renang selesai keluar kolam kepala berattt sampai seharian.. ada solusinya nggak ya…soalnya pengen banget bisa tapi nggak sskit kepala…

    1. Apakah ibu terlalu memaksa diri saat belajar renang sehingga tubuh kelelahan dan sakit? Di masa awal berlatih sebaiknya bertahap baik lamanya waktu latihan maupun frekuensinya, apalagi ibu dlm kondisi HNP. Kalau sdh terbiasa bisa ditingkatkan perlahan latihannya. Misal yg biasanya seminggu 1-2x bisa menjadi 2-3x. Yg semula 30menit per latihan menjadi 45menit.
      Sambil menunggu sembuh mungkin renangnya bisa diganti dg berjalan di dalam kolam (aquawalking/poolwalking). Aquawalking jg memberi manfaat setara renang bagi orang yg menjalani pemulihan HNP. Yg meringankan HNP itu krn saat masuk air tubuh akan kehilangan berat sehingga beban di bagian yg kena HNP berkurang drastis. Misal saat kita masuk ke dalam air setinggi dada beban di tulang belakang berkurang tinggal 25%, kalau setinggi leher bebannya tinggal 10%. Selain itu aquawalking jg lebih mudah & ringan dibandingkan berenang. Kalau sudah sembuh flu dan sinusnya mungkin bisa dilanjutkan lg berlatih renangnya. Semoga bermanfaat.

  18. Yg masih awal belajar dan ingin menghilangkan rasa takut di air mungkin bisa pakai tip sederhana. Bawa selang/pipa plastik ukuran kecil lalu masuk ke dalam kolam. Ujung selang yg satu diemut/ masuk mulut, ujung yg lain dipegang satu tangan. Rendam seluruh tubuh sampai kepala jg ikut terendam air. Tapi salah satu ujung selang harus dijaga agar tetap berada di atas permukaan air sehingga masih bebas bernapas dg mulut. Nah nikmati pemandangan indah di dlm kolam sepuasnya sampai merasa rileks. Nah kalau sdh merasa nyaman dg air kan bisa lebih mudah berlatih renangnya.

  19. Tip lain agar mudah rileks di air yaitu berlatih nafas dg tubuh posisi berdiri. Masuk kolam dg air setinggi dada atau leher. Hirup udara lewat mulut lalu masukkan kepala ke dalam air. Kemudian hembuskan nafas dg teratur lewat hidung atau boleh jg lewat hidung dan mulut. Lalu kepala muncul lg ke permukaan air, hirup udara lewat mulut secukupnya terus masukkan lg kepala ke dlm air. Ulang berkali-kali sampai merasa nyaman di dlm air. Semoga bermanfaat.

  20. misi gan mau tanya, kalo semisal saya sama teman sedang belajar renang, terus salah satu dari kami kram saat latihan. pastinya salah satu dari kami kan harus menolongnya. padahal kami juga masih belajar. gimana itu nolongnya ?
    masih takut renang gan. hehe trimakasih

  21. Waduh, usia saya sdh 35 dan baru minggu yg lalu nyemplung yang namanya kolam renang hehe…
    Malu sama anak saya, saya cuma bisa gaya batu aduuhhh…

  22. makasih bro infonya ,saya sediri sudah biasa renang tapi untuk meberikan latihan orang yang takut sama air nggak tahu harus gemana ,dengan membaca artikel ini saya jadi tahu hehehe trims banyak

  23. Dulu 25th lalu SD ada pelajaran renang wajib, dan saya bisa gaya kodok, jago lah gaya kodok mah. hahaha

    Lalu sempat keram dan hampir tenggelam di kolam 2 meter, kebayang kan anak SD di kolam 2 meter itu menyeramkan banget. alhasil sejak itu trauma lihat air dalam, dan berhenti berenang.

    10th lalu saya naik perahu ke tengah laut, ombak agak besar, tukang perahu aja bilang jangan berenang tanpa pelampung, dan saat itu saya lupa bagaimana cara berenang tapi masih bisa mengambang, karena sering praktek di tempat SPA. hahaha.
    melihat teman2 loncat dan berenang, saya pun loncat, waktu lihat air di dalam laut itu gelap banget yang artinya dalam banget, langsung panik dan buru2 berenang ke perahu (tiba2 reflek bisa berenang gitu sangkin paniknya, takut mati).

    Nah sekarang umur saya 32th, jadi pengen belajar berenang nih, soalnya pengen diving suatu saat nanti.

    Mau kursus tapi malu, di bandung setahu saya cuma ada 2 kolam renang umum (yang di kota ya, sisanya radius 20km, jauh dan males). Karena kolam renang jarang disini, jadi selalu ramai.

    Harus mengalahkan rasa malu nih. mana temen2 kaga ada yang mau kursus bareng, soalnya kaga penting kata mereka. hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: