Skip navigation

ย 

Hari ini saya bertemu dengan seorang kawan yang sudah cukup lama tdk bertemu. Setelah berbincang panjang lebar kesana kemari, tiba2 dia bertanya sesuatu. Eh gaji fresh graduate di perusahaanmu brp mas? Entah kenapa, umur kami sebenarnya tidaklah jauh beda tetapi dia selalu memanggil saya mas. Sehingga sayapun jadi memanggilnya Ko. Krn dia adalah warga keturunan, tentu kurang matching juga rasanya kalau saya balas panggil mas๐Ÿ™‚

Kembali ke pertanyaannya yang saya jawab sekenanya. Karena saya merasa tidak enak juga membicarakan ttg gaji. Lalu diapun kembali bertanya ‘itu yang tingkat apa?’, ‘kalo fresh graduate?’, ‘paling rendah apa dan brp?’, ‘paling tinggi jabatan apa dan brp?’, ‘udah termasuk tunjangan2?’, ‘kalo lembur sejam dibayar brp?’. Dan pertanyaan2 lain yang cukup membuat saya bingung jawabnya. Sekaligus rikuh.

‘Ohya segitu ya. Tapi lumayan juga ya mas perusahaanmu. Teman2ku yang pernah kerja di pabrik ga sampe segitu..’. ‘Lo ya tergantung perusahaan dan bagiannya ko. Tidak bisa pukul rata, perusahaan kan tingkat dan bidangnya beda2’. Sepertinya kawan saya satu ini benar2 tdk mengerti ttg dunia ‘karyawan dan perusahaan’. Iya, seperti kebanyakan kawan2 dan saudara2nya, si koko ini memang sejak lulus kuliah sudah langsung terjun ke dunia ‘wiraswasta’. Sampai saat ini, dia memberikan les musik.

Lalu akupun bertanya ‘Emang kenapa si Ko?’.
‘Gakpapa si, cman pengen tahu aja, apa enaknya sih jadi karyawan?. Temenku mas, ngasi les musik klasik, punya 20 murid, masing2 600rb/bln. Kalo dihitung uda 12jt. Seumuran kita lo mas, belum married. Tiap hari kongkow2 ke mall. Kadang2 traktir murid2nya, cara ampuh pertahankan murid2nya. Malah sering keluar negeri tinggal bilang ke murid2nya : minggu ini libur ya, diganti mggu dpn. Gampang. Dia juga ga pernah sebar brosur lo mas, cmn promosi dr mlut ke mulut. 12 jt mas perbulan dan cmn kerja 20 jam seminggu atau 4 jam perhari snn-sbtu.’
*Melongo. Bayangin aku tiap hari pul diatas jam 6 mlm.

‘Itu yg cuman les mas. Yang udah senior, punya sekolah dan toko musik bs dpt keuntungan 50juta perbulan. Coba kalo atasanmu yg paling tinggi ampe segitu enggak mas?’
*lgsg kebayang GM saya dr pusat, wanita karier yang ditakuti oleh semua org di kantorku, gajinya brp ya?

‘Itulah mengapa mas aku tdk tertarik jd pegawai kantoran. Walo dulu pernah ingin tp dilarang ma teman2. Katanya banyak org pengen kerja sendiri, aku sdh bisa bikin usaha kok malah pengen jadi babu. Kata mereka biar untungmu cman 1jt, tp kamu bos. Kalo km karyawan, biar jadi direktur dgn gaji 50jt, tetep aja babu’
*lgsg inget manusia plg keramat di perusahaan saya, berarti dia babu juga ya haha

Perbincangan masih berlanjut. Saya tidak terpancing tp saya berusaha menyampaikan bahwa itu tergantung dari kemampuan kita. Baik kemampuan kreativitas dan keuletan maupun kemampuan ‘modal’. Si koko mengiyakan dan menambahkan : ‘Skr coba lihat kebanyakan penghuni CitraLand atau Graha (Graha Family, perum elit di Sby) isinya siapa? Pengusaha. Coba skr karyawan? Paling banter ya di Puri Mas atau Prambanan mgkn’.
*hmm bener juga. Bener2 sudut pandang yang berbeda dari kawan2ku yang kebanyakan pegawai kantoran..

Tapi saya mencoba berusaha proporsional. Saya sampaikan bahwa masing2 punya nilai plus. Pengusaha tgg jwb besar, so yg didapat juga besar (kalau sukses). Kalau karyawan tgg jwb tdk terlalu besar, gajinyapun jg tdk terlalu besar, juga punya pengalaman dipimpin dan memimpin. Sepertinya dia bisa menerima tp diakhir pembicaraan bilang “Tapi, tar 10 tahun lagi, kalo ta tanyai jangan sampe kamu masih kerja di perusahaan ini ya. Masa jadi babu selama itu??”

*Dhiarr. Dari sekian banyak teman2 yang kebanyakan upperertimate ttg pekerjaan dan perusahaan tempat saya bekerja, perusahaan terbesar di bidangnya, baru kali ini saya bertemu orang yang underestimate. Sungguh luar biasa. Mungkin inilah cara Tuhan membersihkan kerak2 kesombongan yang terbentuk perlahan2 di hati saya.

Jadi apa yang bisa kita pelajari dari si koko : kemandirian dan keuletan. Ketidakmauan tergantung dari orang lain. Kamsia soro ya Ko. terimakasih telah menambah perbendaharaan sudut pandang…ย Semoga saya bisa belajar..๐Ÿ™‚

5 Comments

  1. ma’af sobat mengganggu nich…ada pengumuman tentang kontes seo. yu’ ikut meramaikan, terimakasih :D267
    http:www dot indositehost.com/kontes-seo.php

  2. SEO itu apa ya? saya buka kok ga bisa ya๐Ÿ˜€

  3. m:) klau boleh tau nama temanya apa ya kak/bang/pak/bu ??

  4. Manusia paling keramat di kantor saya.. Jiahhhh.. *andakke po ngomong dewe*
    Heheheheh

  5. @mb indah : hahaha. Jangannn, takuttt *komen tgl 18 okt 2010 dibales tgl 19 okt 2011. Jiahh hehe


Tinggalkan Balasan

