Skip navigation

Hari ini masih hari ke 5 bulan ramadhan. Alhamdulillah saya bisa pulang juga, untuk sejenak merasakan ramadhan di kampung halaman.

Ramadhan di kampung halaman memang selalu membawa kenangan tersendiri untuk pribadi2 perantau. Termasuk saya. Segera setelah saya habiskan menu buka puasa saya (kali ini menu istimewa euy krn tdk seperti menu buka khas anak kost sehari2 : warteg), saya ambil wudhu dan bergegas menuju masjid dekat rumah. Saya masuki halaman masjid lamat2. Arsitekturnya tdk banyak berubah, kusen2nya, warna kusennya,hiasan kaligrafi, pun karpet yang konon didatangkan dari Mekkah. Masih sama hanya terlihat agak bulukan dibanding 10 tahun lalu, saat saya masih setia mengunjungi masjid ini. Suasana masjid ini sukses membawa saya ke masa lalu saya. Anak2 seusia sd, smp, smu berdiri rapi membentuk shaf. Seperti melihat saya sendiri bertahun2 yang lalu.

Saat saya masih umur 11 tahun, saya rajin sekali kemari. Doa saya : dapat nilai ebtanas bagus,lulus dan masuk smp3, smp paling favorit di kotaku.
Saat saya umur 14 tahun, sayapun sering berkunjung. Doa saya : dapat nilai ebtanas bagus,lulus dan masuk smu tugu. 3 smu terfavorit.
Pun saat saya umur 17 tahun, saya makin sering kesini. Apa doa saya? Lolos umptn.
Hebatnya, semua terkabulkan. Subhanallah. Lantas kemana saya setelah itu?

Sholat tarawih sudah dimulai. Tapi pikiran saya masih terngiang2 di masa lalu itu. Jujur saya rindu sekali dengan kedekatan seperti itu. Kemana rasa itu, mengapa sekarang saya merasa jauhhhhhh sekali. Saya di rumahmu ya Allah.. Tapi mengapa saya tidak merasakan apa2. Getar2 yang saya rasakan dulu hilang kemana? Astaghfirullah.

Ta terasa gerakan2 sholat tarawih mengantarkan saya ke rokaat terakhir. Tapi saya masih termenung. Aku masih rindu dengan masa kecil itu. Saat semua keinginan masih sederhana. Ketika merasa masih belum bisa apa2. Ketika masih merasa begitu lemah. Ketika saya belum jadi siapa2.. Ketika dosa masih belum banyak terjadi.. Astaghfirullah

Antar saya ke rasa itu ya ramadhan..
Selamat Datang Ramadhan
Dan janganlah cepat berlalu

Tinggalkan Balasan

