Skip navigation

Ta terasa libur lebaran sudah usai juga. Berat rasanya kembali. Apalagi pas berpamitan dengan ke4 keponakan kecilku.. Rasanya masih ingin tetap tinggal. Tapi mau bagaimana lagi, ada amanah menanti disana… Dan ini jalur mudik yang harus saya lalui :

Malang – Surabaya (by bus) —> Surabaya – Semarang (by Train)

Arus balik rupanya sudah mulai padat, sehingga saya memutuskan untuk berangkat lebih awal. Namun ternyata jalan Mlg-Sby lancar saja. Sehingga disela2 perjalanan ke stasiun, saya masih bisa menikmati kota Surabaya dengan tenang. Tidak terburu2 seperti biasanya.

Dari balik jendela taksi yang saya tumpangi, saya bisa leluasa memandang setiap sudut Surabaya. Surabaya masih seperti 3 bulan lalu saat saya tingalkan. Dari 10 tahun saya tinggal di Surabaya, ada 10 tempat paling khas Surabaya menurut saya. Mari kita bahas satu persatu. Dimulai dari arah selatan ya.

1. JUANDA & BUNGURASIH

Dua tempat umum ini konon merupakan salah satu dari bandara dan terminal terbesar seIndonesia. Bandaranya tergolong megah dan keren jika dibandingkan dengan bandara2 yang pernah saya kunjungi.

2. MONUMEN CONDONG

Sebenarnya saya tidak tahu nama monumen ini. Maaf kalau saya kasih nama sendiri, krn masih baru sih🙂. Terletak di jalan utama Surabaya, jl Ahmad Yani. Di dekat Dolog. Walaupun baru, monumen ini cukup unik. Terdiri dari banyak batang panjang yang yg semakin kekanan seperti mau ambruk ke depan. Di setiap ujung batang ada pancuran airnya. Dan kalo malam hari ada lampu yang berpijar berbeda2 warna bergantian di tiap batangnya. Menciptakan kombinasi permainan air dan lampu yang menarik. Saya sendiri belum pernah mampir, hanya sering lewat saja. Semoga tidak dijadikan tempat pacaran yang merusak pemandangan ya. *iri krn blm pny pcr :D*

3. MASJID AGUNG SURABAYA

Masjid ini terletak di arah barat kawasan jlan Ahmad Yani. Seperti namanya, masjid ini tergolong masjid yang agung alias besar. Kubahnya didominasi warna biru dan ada menara yang dilengkapi lift sehingga bisa dinaiki . Kalau tidak salah biaya sekali naik Rp 2000. Dan dari atas menara, kita bisa melihat pemandangan kota Surabaya. Bila saat ramadhan tiba, kawasan masjid ini sungguh ramai. Pun disetiap hari Minggu, di sebelah masjid ini ada Pasar dadakan yang menjual aneka barang2 yang kalau beruntung, kita menemukan barang2 yang cukup unik.

4. MONUMEN SURABAYA & KEBUN BINATANG SURABAYA

Kalau anda melihat tayangan televisi tentang kota Surabaya, pasti akan ditampilkan Monumen berbentuk ikan dan buaya. Yah itulah icon kota Surabaya. Letaknya di depan Kebun Binatang Surabaya, jl Diponegoro-Darmo. Walaupun di banyak berita srg terdengar berita tdk enak ttg pengelolaannya, konon Kebun Binatang Surabaya merupakan salah satu kebun binatang terbesar dan terlengkap di Indonesia.

5. LOKALISASI DOLLY dan JARAK

Saya bukan bermaksud mempersilakan anda untuk bertamu, tetapi saya hanya menunjukkan bahwa di Surabaya ada lokalisasi terbesar se Asia Tenggara. Terletak di jalan Jarak, dekat jalan Diponegoro. Berbentuk rumah2 berkaca besar (that’s why beberapa kawan menyebutnya sbg akuarium)yang didalamnya terlihat sofa2 merah, diduduki oleh wanita2 tuna susila. Dan selain di jalan utama, ada juga gang2 kecil yang didalamnya terdapat lebih banyak wisma lagi. Namanya juga lokalisasi atau praktek prostitusi yg sengaja ‘dilegalkan’, jadi jangan heran jika disana anda menemukan pegawai2 atau makelar2 yang berseragam batik. Seperti profesional ya. Bahkan disepanjang jalan dilengkapi parkir motor 24 jam. Sekali lagi, saya hanya memberitahu, buak mengajak krn resiko ditanggung sendiri🙂

6. TUNJUNGAN PLASA, PASARTURI, PASAR ATOM dan PGS

Banyak orang bilang belum ke Surabaya kalau belum mengunjungi komplek mall ini. Mall ini sangat luas. Bayangkan saja sampai ada TP 1 hingga TP 4. Dan saya tidak tahu persis dimana saja batas2 persisnya🙂. Orang2 di daerah sering tersesat didalamya. TP cukup menggambarkan Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia krn didalamnya tersedia outlet dan butik yang sangat banyak dan lengkap.

Kalau TP untuk kategori barang2 yang branded, untuk kategori barang2 yg tidak terlalu branded tapi murah pasar2 ini lah tempatnya. Walaupun namanya pasar, jangan dibayangkan kondisi didalamnya kumuh dan bau. Pasar ini sudh modern. Walaupun anda berjejal anda tidak akan kepanasan krn didalamnya sudah dlengkapi AC spt di mall. Untuk harga dan butik2 yang rekommended, sepertinya ibu2 di kantor saya yang sangat expert🙂

7. KAWASAN KOTALAMA JEMBATAN MERAH

Disinila tempat bangunan bangunan tua di Surabaya. Lokasi disekitar sini banyak dimanfaatkan oleh turis2 mencanegara, para fotografer ataupun pasangan2 yang akan membuat fotoprewedding. Sebaiknya anda tidak kesini pada siang hari karena panas sekali🙂

8. WISATA RELIGI AMPEL

Kawasan ini sangat terkenal bagi anda yang cukup religius. Karena disinilah tempat salah satu Wali dalam Wali Songo dimakamkan. Yaitu Sunan Ampel. Bahkan di dalam kompleknya ada Pasar khusus yang kebanyakan menjual alat2 ibadah, kerudung sarung, tasbih dan kurma. Bahkan para jamaah haji banyak yg membeli oleh2 disini, drpd berat2 membawa dari tanah suci. Lebih murah lagi. Begitu mgkn pikr mereka. Kawasan sekitar Masjid dan Makan Ampel banyak dihuni kaum keturunan Arab. Dan di seitarnya akan banyak anda jumpai makana khas arabia seperti kue maryam atau kambing oven. Makanan favorit teman2 saya sekantor. Biasanya mereka ke tempat makan bernama Al Mutlik. Sayang saya tidak terlalu suka kambing.🙂

9. MONUMEN AL JALESVEVA JAYAMAHE

Monumen ini adalah monumen milik TNI Angkatan Laut. Berbentuk patung Yos Sudarso memakai pakaian seragam lengkapnya. Ukurannya sangat besar, bahkan terlihat dari Pulau Madura. Namun sayang sekali, lokasi ini belum dibuka untuk umum. Jika anda berminat anda bisa mengajukan ijin dengan membawa nama instansi anda. Saya ingin sekali masuk sebenarnya🙂

10. JEMBATAN SURAMADU

Bisa jadi jembatan ini adalah icon baru Surabaya. Jembatan yang menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Madura ini ditahbiskan sebagai jembatan terpanjang se Indonesia. Di dalamnya terbagi menjadi 4 lajur dengan 2 lajur paling kanan untuk sepeda motor yang letaknya lebih tinggi sefikit dibandingkan 2 lajur tengah untuk kendaraan roda 4. Bentang tengahnya cukup keren. Tali2nya mungkin tidak kalah dengan jembatan Golden Gate.🙂. Jembatan Suramadu membantu proses kegiatan ekonomi penduduk Madura menjadi lebih maju karena akses ke pulau Jawa lebih mudah dan cepat.

Hmm pasti ada yang kurang : tempat kuliner. Di postingan sebelumnya ada tapi semoga bisa ditulis tersendiri lagi lain waktu. I love u full Surabayaku

*ditulis dlm perjalanan balik lebaran via kereta Sby-Smrg 14 Sept 2010 jam 20:00 – 21:00

8 Comments

  1. waah hebat warga Malang bisa tulis beberapa tempat di surabaya *kalah sama org sby asli sekalian bisa jadi tour guide nich,…..
    Pantesan kekeh tanya nama taman depan kantor Bulog *utk kepentingan tulis web trnyata* hehehehehehe

  2. *monumen condoong…
    itu namanya taman pelangi mas…..hohohohoho

  3. @yuni : huehehe iya… sini kamu ta guedin🙂
    @iis: wah makasih ya infonya. akuy baru tau:)

  4. mini teater itu lokasinya deket mana ya…

    • Lokasinya di manyar. Deket bunderan ITS. Deket persewaan CD unicorn. Itu dulu lo. 5 tahun lalu. Ga tau skr masih ada ato ga

  5. Klo kuliner ya d pasar blauran, komplit,,

  6. ya bener monumen condong itu namae taman pelangi. tapi ada yg gak kalah baguse yaitu taman bungkul yg konon taman kota terindah seindonesia letaknya di jl.raya darmo. tapi dua duanya pernah aku pake pacaran tapi gak mesum lho


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: