Skip navigation

Dua tahun lalu, ketika saya mulai ditugaskan di Semarang, teman 2 sekantor sempat mengajak saya berwisata ke Karimun Jawa. Selain karena lokasinya yang cukup dekat dengan Semarang, juga dari foto2 seorang teman yang pernah kesana, lautnya begitu jernih dan cantik. Saya pun langsung antusias.

Namun karena kesibukan, rencana itu hanya rencana. Bahkan ketika saya harus dipindah lagi ke kota lain, rencana itu belum terwujud juga. Dan baru kesampaian 2 tahun kemudian ! Wow.

Perjalanan 7 jam dari Cilacap menuju Semarang tak menyurutkan semangat saya untuk mengunjungi pulau ini. Belum lagi dari Semarang, Karimun Jawa harus ditempuh selama 4 jam melalui kapal cepat Kartini. Abaikan perjalanan 7 jam saya sebelumnya, 4 jam di kapal terasa cepat kok. Kalau begitu kita bahas mulai dari Semarang saja ya..

1. Dari Semarang, kita bisa menuju Tanjung Emas dulu. Taksi sekitar 20rb dari pusat kota atau dari bandara Ahmad Yani. Kalau anda dari stasiun Tawang malah lebih dekat lagi.

2. Dari Tanjung Emas, kita bisa naik kapal Kartini. Kapal cepat khusus melayani rute Karimun Jawa. Kapal ini cukup tenang. Beda dengan kapal lain seperti kapal dari bali ke nusa penida yang cukup bikin perut mual. Eh ato karena faktor cuaca dan ombak ya. Yg pasti ketika saya berangkat, bulan April, kapal ini jalannya cukup tenang dan ga bikin galau. Tidak bikin mual walaupun di kelas ekonomi. Ehya, kapal ini terdiri dari kelas ekonomi dan bisnis. Bedanya? Ekonomi dibawah dengan kursi agak keras (tp tetep nyaman walo mungkin jadi agak susah tidur). Dan kalo kelas bisnis di atas dengan kursi yang lebih empuk ( ga nyoba si, cuman ngintip dikit๐Ÿ™‚ ). Tarif ekonomi Rp. 135 ribu dan tarif bisnis Rp. 155.000. Jadwal kapal Kartini ini sehari sekali, berangkat jam 09 nyampe jam 13.00. Kalau baliknya, dr Karimun jam 13 tiba di Semarang lagi jam 17.

3. Oke, selamat menikmati perjalanan di kapal. Anda bisa menonton televisi di sudut kapal yang memutar film ataupun lagu-lagu karaoke. Bisa juga duduk diluar ruang sambil menikmati hembusan angin dan birunya laut Jawa. Atau tidur saja agar sesampai di lokasi, anda bisa lebih fresh. Dan bagi anda yang gemar fotografi, memotret desiran ombak berpadu birunya laut, kapal2 tanker raksasa atau sudut2 kapal juga bisa jadi pilihan menghabiskan waktu di kapal. Namun saat ini sepertinya membaca buku bukanlah pilihan yang disarankan karena bisa bikin mual kalau tidak terbiasa. Dan jika anda merasa lapar, anda bisa membeli popmie di petugas kapal. Lengkapp

4. Ketika 4 jam berlalu, anda akan segera berlabuh di pelabuhan Karimun Jawa. Gerbang bertuliskan “Selamat Datang di Karimun Jawa” adalah spot wajib untuk dijadikan background foto, baik untuk disimpan sbg kenang2-an, maupun untuk diunggah di dunia maya. Bagi anda yang mungkin lupa mengaktifkan paket BB atau paket Internet untuk eksis di jejaring sosial, anda bisa langsung dial via *363#. Jangan khawatir, sinyal Telkomsel di Karimun Jawa tetap full !

5. Dari pelabuhan anda bisa langsung berjalan kaki menuju penginapan Dewandaru. Atau jika anda ingin merasakan penginapan yang berada di tengah laut, anda bisa menuju Wisma Apung. sewa saja mobil menuju pelabuhan bagian belakang, lalu anda akan diantar lagi melalui perahu ke Wisma Apung. Wisma Apung ini adalah penginapan yang berada di tengah laut, berkonsep cottage, depan kamar langsung laut, ada kolam hiunya, dan yang pasti, makanannya enak euyy… Selain itu, kamarnya itu walau sederhana tapi nyaman. Dan di belakang kamar, ada kamar mandi yang semi terbuka. Rasanya ada sensasi tersendiri mandi di alam terbuka di tengah laut. Hmm..

6. Sebelum anda berkeliling lagi, mari sejenak kita ketahui sejarah Karimun Jawa ini dulu. Karimun Jawa ditemukan oleh Sunan Muria. Alkisah putranya yang nakal diutus ke pulau yang jika dari puncak gunung Muria terlihat kremun-kremun (samar2). Dari kata kremun2 inilah lahir nama Karimun Jawa. (wikipedia). Oke, sudah tidak sabar ya menjelajah indahnya surganya pulau Jawa yaitu Karimun Jawa? Mari kita come on.

7. Pulau pertama yang bisa disinggahi adalah pulau Cemara Kecil. Pulau ini bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menit dari Wisma Apung. Disini kita bisa meyusuri pantai dengan pasirnya yang putih dan airnya yang begitu jernih biru kehijauan. Suerr kerenn !
Selain itu, juga masih banyak pulau2 indah yang bisa dikunjung. Dan beberapa diantaranya memiliki spot bawah laut yang sangat cantik. Jadi aktivitas snorkling atau diving rasanya menjadi aktivitas fardhu ain jika anda sudah sampai kesini.

8. Sudah puas berkeliling pulau ke pulau dan bersnorkling ria? Eits, tunggu dulu. Masih ada 1 tempat lagi yang sayang kalau anda lewati. Masih ada aktivitas yang sayang kalau tidak anda lakukan. Apa itu? Berenang dengan hiu. Wew. Bagi anda yang suka menguji adrenalin, tempat ini sungguh sangat menarik. Anda tidak perlu khawatir, walau ukuran hiu2 disini hampir sama dengan kita, tapi hiu hiu disini jinak kok. Yakin. Iyalah, kalo ga aman, ga mungkin tempat ini dibuka kan ya..๐Ÿ™‚

Okeh, ta terasa sudah hari minggu. Saatnya berkemas karena kapal berangkat jam 13. Sebenarnya masih ingin tinggal lebih lama menikmati jernihnya pemandangan disini. Kalau saya boleh berkata (dan memberi reward mungkin๐Ÿ˜€ ), dari sekian banyak pantai dan kepulauan yang pernah saya kunjungi, Karimun Jawalah yang paling keren. Super duper keren. Bali dan lombok memang keren. Tapi menurut saya, karimun masih lebih keren. Hehe, menurut saya loh ini.. Tapi beberapa teman juga sepakat dengan saya..:)

Oke temans. Jika anda tertarik tetapi bingung nanti disana bagaimana, jangan khawatir, ada banyak guide yang siap melayani anda. Satu yang terbaik adalah seorang teman baik saya. Anda bisa hubungi di 0811723604 (Cipta) atau bisa klik di http://www.ourstorytour.com.

Karimun Jawa. Amazing. Semoga saya bisa kesana lagi. Someday.

20120807-212037.jpg

20120807-212122.jpg

One Comment

  1. eh..ada kak wahyu๐Ÿ˜€ aakkk.. oktober semoga jadi kesanaaa…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: